Minggu, 13 April 2014

Berita Terkait Tentang Pemilu


Berita Terkait Tentang Pemilu

Hp : 085374120606    Amaruddin Lubis Kotanopan rao 




    Saksi parpol boikot, rekapitulasi suara di Pamekasan memanas Saksi parpol boikot, rekapitulasi suara di Pamekasan memanas
    3 Kompi Brimob dinginkan rekapitulasi di Pamekasan yang memanas
    PDIP pimpin perolehan suara di kandang Chelsea dan Arsenal


Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menemukan ratusan lembar surat suara tidak laik pakai, atau rusak di 94 tempat pemungutan suara (TPS). Kerusakan terjadi dengan berbagai sebab, yakni banyak bercak tinta, sobek hingga gambar tidak jelas.

"Dari hasil sortir terhadap surat suara yang digunakan untuk pemungutan suara ulang atau PSU kami masih menemukan cukup banyak yang rusak seperti banyak bercak tinta, sobek dan gambarnya tidak jelas yang jumlahnya mencapai ratusan lembar," kata Ketua Divisi Logistik KPU Kota Sukabumi, Sri Utami kepada Antara, Minggu (13/4).

Menurut Sri, jumlah surat suara yang akan digunakan untuk pemungutan ulang ini sebanyak 31.811 lembar, ditambah dua persen surat suara cadangan. Meski terdapat kerusakan pada surat suara namun pelaksanaan pemilihan ulang tetap berlangsung lancar.

Sri berharap, pemilihan ulang yang digelar serentak ini tidak lagi ditemukan adanya kekurangan atau tertukarnya surat suara, dan untuk logistik penunjang lainnya seperti kotak suara baru. Dengan demikian, tidak tercampur dengan lembar suara pada pemungutan suara yang sudah berjalan sejak Rabu (9/4) kemarin.

"Diharapkan pelaksanaan PSU ini tidak ada gangguan dan dari laporan sementara angka partisipasi masyarakat khususnya yang memberikan suaranya khusus untuk caleg DPR RI ini cukup tinggi yakni mencapai 80 persen," tambahnya.

Terkait penemuan surat suara yang rusak, Sekretaris KPU Kota Sukabumi berencana menggugat pihak percetakan. Sebab, kasus tertukarnya surat suara dan kerusakan yang terjadi telah mengganggu tahapan pelaksanaan pemilihan legislatif.

"Tidak menutup kemungkinan kami akan layangkan gugatan melalui KPU RI agar perusahaan percetakan yang mencetak surat suara untuk pileg ini diberikan sanksi," pungkas Dedi.
    SBY Berita SBY
    Megawati Berita Megawati

Berita Terkait

    Performa Golkar 2014: Stagnan, tak pernah terjungkal isu negatif Performa Golkar 2014: Stagnan, tak pernah terjungkal isu negatif
    Ini kisah-kisah tragis caleg gagal Pileg 2014
    Performa PDIP 2014: Pengaruh Jokowi dipertanyakan


Merdeka.com - Sejak disahkan menjadi partai politik oleh Kementerian Hukum dan HAM pada 27 Agustus 2003. Keberadaan Partai Demokrat sempat menjadi fenomena baru dalam peta perpolitikan Tanah Air. Namanya makin menjulang sejak membawa nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai figur sekaligus calon presiden.

Keikutsertaan pertamanya pada Pemilu 2004, belum memberikan hasil signifikan bagi partai berlambang bintang mercy ini. Demokrat berada di posisi kelima dengan perolehan 8.437.868 suara (7,46 persen) dan mendapat jatah 55 kursi di DPR RI.

Namun, koalisinya bersama Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) berhasil membawa pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK) ke kursi kepresidenan. Pasangan ini meraup 69.266.350 suara (60,62 persen), dalam dua putaran dan menggeser Megawati dan Hasyim Muzadi yang diusung PDIP yang meraih 44.990.704 suara (39,38 persen).

5 Tahun pertama kepemimpinan SBY memberikan berkah yang luar biasa bagi Demokrat. Sebab, pada Pemilu 2009, partai ini melesat menjadi pemenang pemilu legislatif dengan perolehan 21.655.295 suara (20,81 persen). Alhasil, partai ini mendapatkan jatah 148 kursi di DPR RI.

Dalam Pilpres 2009, Partai Demokrat percaya diri mengusung pasangan capres-cawapres dari internal, yakni SBY - Boediono dan berhasil menang dengan 60,80 persen, mengungguli dua pasangan lainnya yakni Mega - Prabowo 26,79 persen dan JK - Wiranto 12,41 persen.

Perolehan suara Partai Demokrat versi hitung cepat di Pemilu Legislatif 2014 runtuh, setelah periode sebelumnya merajai pemilu. Partai besutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hanya memperoleh suara sekitar 10 persen, atau terjun bebas dari target 15 persen.

Pengamat Politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya melihat apa yang dicapai Demokrat saat ini sudah terpantau dalam dua tahun terakhir. Apalagi, menjelang lengsernya SBY sebagai presiden membuat tidak ada lagi sosok yang dapat menggantikannya untuk menjadi salah satu tokoh besar dalam partai.

"Partai ini seakan menjadi fans club buat seorang SBY, sehingga ketiadaan seorang SBY untuk menjadi capres tidak dapat menaikkan elektoral mereka dalam pemilu," ujar Yunarto saat berbincang dengan merdeka.com, Jumat (11/4) kemarin.

Tak hanya itu, isu korupsi yang mendera partai sejak ditangkapnya Nazaruddin, berlanjut pada Angelina Sondakh dan penetapan status tersangka terhadap mantan Ketum Demokrat Anas Urbaningrum membuat kemerosotan tajam bagi perolehan suara mereka.

"Faktor isu korupsi yang menerpa Demokrat dalam dua tahun terakhir membuat critical voters di kota-kota berkurang tajam. Dalam survei partai politik yang tidak disukai Demokrat berada dalam peringkat pertama," tandasnya.

Tak hanya itu, pasca penetapan Anas sebagai tersangka dalam kasus Hambalang membuat soliditas partai ini terpecah. Sehingga membuat pemilihnya pada Pemilu 2009 lalu ke partai lain menjadi terbuka.

085374120606

Tidak ada komentar:

Posting Komentar