Jumat, 28 Agustus 2015

SMA N 1 RAO MAKALAH BIJI KACANG HIJAU


 SMA N 1 RAo Makalah Biji  Kacang Hijau 


KATA PENGANTAR

     Puji Sukur Kami Panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Karena Atas Limpahan Rahmad Dan Hidayah-Nya Kami Dapat Menyelesaikan Tugas Biologi Ini Tepat Pada Waktunya. Laporan Penelitian Yang Berjudul “Pengaruh Lama Perendaman Terhadap Pertumbuhan Biji Kacang Hiaju” Merupakan Hasil Analisa Dan Pengamatan Kami Penyusun Yang Disusun Untuk Menyelesaikan Tugas Yang Diberikan Oleh Ibu Guru.
                  Dalam Menyelesaikan Tugas Biologi Ini, Kami Banyak Mendapat Bantuan Dari Berbagai Pihak, Baik Secara Langsung Maupun Tidak Langsung. Oleh Sebab Itu, Pada Kesempatan Inikami Ingin Menyampaikan Ucapan Terima Kasih Yang Sebesar Besarny Kepada Pihak-Pihak Pembimbing “Dra Hj. Hamimah”. Yang Telah Memberikan Tugas Ini Kepada Kami Sehinga Kami Dapat Pengetahuan Yang Baru Tentang Pengaruh Lama Perendaman Terhadap Pertumbuhan Biji Kacang Hijau”.
               Kami Menyadari Bahwa Laporan Ini Masih Banyak Ditemukan Kekurangan Didalamnya. Oleh Sebab Itu, Kami Mengharapkan Kritik Dan Saran Yang Bersifat Membangun Untuk Menyempurnakan Tugas Biologi Ini. Akhir Kata, Semoga Laporan Ini Dapat Mermanfaat Bagi Para Pembaca, Kususnya Para Pelajar Untuk Menunjang Pengetahuan Tentang Pertumbuhan Biji Kacang Hijau.



                                                                                                Rao,28 Agustus 2015

                                                                                                              Penyusun






i
DAFTAR ISI
Kata pengantar ………………………………………………………………………       i
Daftar isi ……………………………………………………………………………...        ii
Abstrak ……………………………………………………………………………….         iii
BAB I : Pendahuluan ………………………………………………………………..       1
A.   Latar Belakang ……………………………………………………………....        1
B.   Rumusan Masalah …………………………………………………………..      2
C.   Tujuan Penelitian …………………………………………………………….      2
D.   Manfaat Penelitian …………………………………………………………...      2
E.   Hipotensi ………………………………………………………………………      2
BAB II : Kajian Teori …………………………………………………………………       3
A.   Alat dan Bahan ……………………………………………………………….      3
B.   Rancangan Penelitian ……………………………………………………….     3
BAB III : Hasil Penelitian dan Pembahasan …………………………………..      4
A.   Hasil Penelitian ……………………………………………………………….     4
B.   Pembahasan ………………………………………………………………….      4
BAB IV : Kesimpulan dan Saran ……………………………………………………     6
A.   Kesimpulan …………………………………………………………………...      6
B.   Saran ………………………………………………………………………….       6

Daftar Pustaka ………………………………………………………………………..      7





ii

ABSTRAK
NEFNI dan kawan-kawan telah melakukan suatu penelitian tentang pengaruh lama perendaman terhadap pertumbuhan biji kacang hijau .
            Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan pala wijaya yang dikenal luas di daerah tropika. Dalam kacang hikjau terdapat banyak kandungan gisi antara lain protein, kalsium, Fospor Vitamin B1 Vitamin B2 Vitamin E zat besi, maknesium dan zat antioksidan. Pertumbuhan Tanman  diartikan sebagi suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible, atau tidak dapat kembali kebentuk semula. Perkembangan adalah peristiwa perubahan biologis menuju kedewasaan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh ( Metamorfasis) dan tingkat kedewasaan.
            Salah satu proses alam penelitian perkecambahan kacang hijau ini adalah proses perendaman. Proses perendaman dilakukan sebelum melakukan penanaman biji kacang hijau pada media kapas. Lama perendaman ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan kacang hijau. Pertumbuhan Biji kacang hijau menjadi lebih pesat karena ketika proses perendaman ada air yang masuk meresap kedalam biji kacang hijau.air yang berimibisi tersebut langsung memenuhi ruang di dalam kecambah sehingga lapisan lapisan pembungkus, kadar air juga sangat berpengaruh terhadap perkecambahan tidak dapat optimu. Oleh karena itu lebih baik meremdam biji kacang hijau tersebutdengan waktu yang cukup tidak boleh kurang ataupun lebih karena apabila terlalu lama menybabkanbiji kacang hijau tersebut menjadi busuk.
         Pertumbuhan umumnya berlangsung baik dalam keadaan gelap. Perkecambahan memerlukan hormon auksin dan hormon ini mudah mengalami kerusakan pada intensitas cahaya yang tinggi .karena itu di tempat gelap kecambah tumbuh lebih panjang dari pada di tempat terang. Tumbuhan memerlukan air, itu sudah pasti. Jika tidak disiram maka tumbuhan tersebut akan mati. Begitu juga dengan biji kacang hijau, dalam menanamnya diperlukan air untuk menunjang pertumbuhannya.
       Biji kacang hijau yang di beri air dengan teratur, dengan kata lain disini perendamannya tidak terlalu lama dan air yang ada di dalam kapas juga tidak berlebihan akan tumbuh lebih subur. Dan perkembangannya pun tidak selama jika biji kacang hijau kekurangan air. Sedangkan untuk biji kacang hijau.


iii
BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Tumbuh dan berkembangmerupakan salah satu cirri mahluk hidup pertumbuhan dan perkembangan berjalan seiring. Pertumbuhan adalah proses pertambahan volume yang irreversible (tidak dapat dibalik ) karena adanya pembelahan mitosing dan pembesaran sel. Pertumbuhan dapat diukur secara kuantitatif

Contoh : pengukuran tinggi kacang hijau pada setiap harinya

     Perkembangan adalah terspesialisasinya sel-sel menuju ke struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dinyatakan dengan  perubahan bentuk dan tingkat kedewasan. Perkecambahan adalah peristiwa tumbuhnya EMBRIO didalam biji menjadi tanaman baru. Biji akan berkecamba jika berada dalam lingkungan yang sesuai.proses perkecambahan ini memerlukan suhu yang cocok, banyaknya air yang memadai, persedian oksigen yang cukup, kelembapan dan cahaya.

Pada pratikum kali ini, peneliti ingin melihat pengaruh lama perendaman terhadap pertumbuhan kacang hijau yang mana dilakukan dengan perlakuan yang berbeda beda yaitu waktu lama perendaman yang berbeda selang waktu 1 Jam. Dengan waktu perendaman yang berbeda, maka akan dapat dilihat pertambahan tinggi biji kacang hijau yang berbeda pula yaitu semakin lama waktu perendaman maka sekedar semakin besar pertambahan tinggi biji kacang hijau. Kacang hijau sendiri memiliki warna kulit biji berwarna hijau dengan biji berwarna putih. Umumnya biji kacang hijau sering di jadikan tauge.

     Penelitian pertumbuhan kacang hijau dapat di lakukan di dua tempat yaitu :

1.    Ruang Terbuka
Kacang hijau yang berada pada kelas yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup melakukan proses potostesis, sehinga proses potostsis dapat dilaksanakan dengan baik dan dau kacang hijau pun berwarna hijau segar

2.    Ruang terbuka
kacang hijau yang berada pada gelas lain diletakan ditempat gelap tampa ada cahaya mata hari. Jadi,proses potostensi tidak dapat berlangsung, sehinga dan kacang hijau pada gelas itu berwarna kuning pucat. Kacang hijau yang direndam lebih lama, akan lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan kacang hijau yang direndan dalam waktu singkat  dan tidak di rendam.




1
           Jadi, dalam penelitian ini apa bila  perendaman yang dilakukan lama, maka akan mempercepat pertumbuhan biji kacang hijau dan pertumbuhan biji kacang hijau diruangan akan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dari pada pertubuhan kacang hijau diruangan terbuka.

B.   Rumusan Masalah
Bagaimakah pengaruh lama perendaman terhadap pertumbuhan biji kacang hijau?

C.   Tujuan Penelitian
§  Peneliti dapat membandingkan tinggi pertumbuhan biji kacang hijau dengan perbedaan lama  perendaman 1 jam
§  Peneliti dapat mengetahui pengaruh lama perendaman terhadap pertumbuhan kacang hijau.

D.   Manfaat Penelitian
§  Peneliti menjadi tau bagaimana proses pembuatan tauge
§  Peneliti dapat mengetahui pertumbuhan-pertumbuhan  kacang hijau setiap hari

E.   Hipotesis
§  Lama perendaman sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau.












2
BAB II
Metodologi Penelitian

A.   Alat dan Bahan

§  Gelas Bekas Air Mineral 3 Buah
§  Kapas
§  Pipet Tetes
§  Air
§  Biji Kacang Hijau 15 Butir

B.   Rancangan Penelitian
§  Waktu dan Tempat
Penelitian ini dilaksanakan di rumah salah satu anggota Kelompok kami berlokasi di Rumah Halimatus Sakdiah, pada hari Rabu Tanggal 29 Juli 2015.
§  Langkah Kerja
1.    Persiapkan alat dan bahan terlebih dahulu, kemudian bersihkan !
2.    Rendamlah biji kacang hijau yang ada perkirakan itu mempunyai kualitas yang bagus dalam Air dengan selang Waktu 1 jam.
3.    Siapkan 3 buah gelas bekas Air mineral dan susunlah kapas yang sudah dibasahkan kedalam gelas tersebut, kemudian masukan 5 biji kacang hijau pada masing-masing gelas.
4.    Letakan ke 3 gelas tersebut didalam ruangan terbuka atau bias tembus cahaya
5.    Lakukan pengamatan pada hari pertama hingga hari ketujuh!
6.    Kemudian catatlah hasil pengamatan pada table dibawah ini !


§  Variabel Penelitian
1.    Variabel Bebas   : Pengaruh lama Perendaman
2.    Variabel Terkait : Pertumbuhan Biji Kacang Hijau
3.    Variabel Kontrol             : Kapas,Cahaya, Kelembapan, Suhu, dan Tempat Percobaan.

3
BABA IV
KESIMPULAN


A.   Kesimpulan

Dari Pembahasan yang telah dinalisis, secara umum dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan biji kacang hijau yang paling cepat adalah pada sampel A yaitu Pertumbuhan tinggi biji kacang hijau 6,5 cm.

Semakin lama perendaman yang dilakukan pada suatu biji kacang hijau maka akan mempercepat pertumbuhannya.

B.   Saran


Untuk percobaan berikutnya kami berharap dapat melakukan percobaan dengan lebih teliti lagi, Agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Untuk penelitian yang lebih baik maka persiapkan alat dan Bahan sesuai yang ditentukan agar tidak tidak terjadi kesalahan, selain itu perhatikan langkah-langkah percobaan sesuai dengan yang disarankan oleh guru yang bersangkutan. Dalam proses penelitian,antara angota kelompok harus saling membantu,agar angota kelompok tersebut sama-sama mengetahui bagaimana pengaruh perendaman terhadap pertumbuhan biji kacang hijau dan dapat menambah wawasan anggota kelompok tentang percobaan yang dilakukan.


Sebelum biji kacang hijau direndam, pilihlah biji kacang hijau yang baik dan dengan ukuran yang sama. Jika ukuran sampel yang pertama besar maka sampel yang lain menyesuaikan dengan mengunakan biji kacang hijau yang ukurannya besar. Agar pertumbuhan biji kacang hijau cepat saat perkecambahan usahakan perendaman biji lebih lama. Selalu membantu pertumbuhan buji kacang hijau setiap harinya. Dalam pengukuran tinggi biji kacang hijau, ukurlah dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan, dan mendapatkan hasil penelitian sesuai dengan yang diharapkan.


Daftar Pustaka 

Rao 27 Agustus 2015 
karya ilmiah tentang pertumbuhan biji kacang hijau 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar